Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan teknologi pembelajaran pada mata kuliah kalkulus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian melibatkan 25 Mahasiswa informatika yang
telah mengikuti mata kuliah kalkulus, yang memanfaatkan software matematika dalam proses pembelajaran.
Proses pengambilan data menggunakan angket secara online dengan Google Forms. Dari 25 Mahasiswa, 19
Mahasiswa merasakan bermanfaat menggunakan software matematika pada pembelajaran kalkulus, tiga
mahasiswa merasa cukup bermanfaat, dan tiga mahasiswa kurang mendukung penggunaan software
matematika dalam pembelajaran kalkulus. Selanjutnya, dipilih tiga mahasiswa dengan opini yang bervariasi
tersebut untuk diwawancara agar mendapatkan data yang lebih mendalam. Berdasarkan analisis data di
peroleh bahwa penggunaaan software matematika membantu dalam proses pembelajaran apabisa pengajar
mengunakan software dengan tepat. sedangkan jika kita ketergantungan terhadap software matematika,
pemahaman dalam penyelesaian matematika kurang maksimal
Kata kunci : Kalkulus, Pembelajaran Matematika, Mahasiswa Informatika