Main Article Content

Abstract

Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) Kabupaten Tegal adalah lembaga yang menyediakan layanan kepada publik yang saat ini belum memiliki sistem penilaian kepuasan layanan dari masyarakat, sehingga Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) tidak dapat mengetahui penilaian atau keluhan dari masyarakat terhadap layanan publik yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan publik terhadap pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP). Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam memperoleh nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Adapun aplikasi tersebut dibangun dengan berbasis website, sehingga dapat memudahkan pengguna dalam melakukan penilaian hanya dengan website. Hasil pengujian penelitian ini menghasilkan nilai tingkat kepuasan publik yang diurutkan berdasarkan data tertinggi sebagai nilai akhir dari perhitungan AHP yang dapat memudahkan Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) dalam melihat kategori layanan mana yang harus dimaksimalkan. Pada pengujian aplikasi dengan 150 responden pada bulan September 2020, diperoleh tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) yaitu 82,07 % dengan predikat pelayanan yaitu B (Baik).

Keywords

Indeks Kepuasan Masyarakat Pelayanan Publik Analytical Hierarchy Process

Article Details

Author Biographies

Eko Budiraharjo, Universitas Pancasakti Tegal

Prodi Studi Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, UPS Tegal

Ali Sofyan, Universitas Pancasakti Tegal

Prodi Studi Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, UPS Tegal